IHSAN UMPU PESAGI

Padang Dalom

Senin, 02 Februari 2009

Jam 16.39 WIB, Saat irama lagu daerah yang berbunyi dari Hp kesayanganku, membuyarkan konsentrasiku yang sedang asik menyimak orang-orang membaca kitab munakib.... Kitab tersebut dibaca biasanya pada acara syukuran kehamilan yang menginjak usia tujuh bulan, dengan harapan agar janin yang dikandung ibunya tetap sehat dan saat persalinan akan berjalan dengan lancar... Itulah salah satu tata cara orang Buyan Belitong mengungkapkan rasa syukur atas kehamilan menantu atau anak ataupun pihak keluarga... Ya sanak famili berkumpul memenuhi seisi rumah dan di depan "kek lebai" tersedia makanan berupa nasi dan di atasnya dihiasi dengan ayam bakar... enak bok.....

Ku ambil Handpone dari dalam saku calanaku, sebuah pesan singkat terpampang dilayarnya dan setelah ku baca ternyata sms tersebut berbunyi
"Nong kamek ne di cbdyt, nak nitip ape"....?

'Dak tau y, emank ade ape disanak ujarku?...

"Banyak be, ade.............bla...bl
a..." ungkapnya menjelaskan dalam pesan singkat....

'Ushla, makaseh tp nitip'..........'ajak y ujarku kembali lantas mematikan handpone biar dapat kembali kembali konsentrasi mendengarkan para lebai membaca kitab munakib.....................

Malamnya selesai shalat Isa giliranku mengirimkan pesan singkat
'Jok kiape la blk ke dr cbdyt, dpt smue ke nok dcri tek'?

"Mual dpt smue kcuali nok titipan tek"
katanya menerangkan...

'Titipan sape nok lum ketemu, tanyaku kembali..

"Ntah y titipan sape
....

'Ooo titipan aku tek y, biarla kini mun dak dapat pandaila aku muat jendile biar dapat ngelumpat ke dasar hatie tek, tapi usah digembok jendile e y mun la jadi....

"Ye buatlah ujanya" Singkat padat dan jelas...

Aku bingung bagaimana mungkin aku membuatnya.,

Lantas kembali aku kirim pesan.. "Dgn ape aku harus ngembuat jendile tek, lempengan emas gw gak punya, plat baja gw gak ada... Lagian., mungkin dalam hati kecilmu aku hanya benalu yang memisahkan btm dgn bltg"... agagagagagaaaaaaaaaaaaaaaa
.................................
............................................................
Iw blande-blande... isok-isoklah aku cerite pulak y, ade prabangan ui nelp. desuroh balik.......

Tapi jujur ni, mlm itu waktu nak ngadap blau tue kubawa seluruh keberanianku bersama ribuan asa dan harapan, ya meski ade juak grogi e sikit gt lhooo......... Besok-besoklah disambung agik kalo' moot................

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda